Rabu, Agustus 13, 2008

CDMA Injection dari R-UIM, Do It Yourself

Inject Handphone, Apa itu?
Sebenarnya agak sulit untuk menggambarkan apa itu proses yang disebut dengan inject handphone. Di Indonesia, proses inject ini mungkin kurang popular, mungkin ini dikarenakan bahwa disini penjualan handphone tidak dilakukan bundling dengan starter pack (paket perdana) dari operator telepon seluler (network provider) seperti Telkomsel, Indosat atau operator lainnya. Lagipula, umumnya handphone yang beredar di sini menggunakan jaringan GSM, dimana informasi dan setting jaringan berada di sebuah kartu yang disebut dengan SIM. Dengan mulai maraknya operator CDMA akhir – akhir ini, maka jasa inject handphone pun mulai bermunculan. Lalu, inject itu ngapain ? Pada dasarnya proses ini adalah proses untuk memasukkan setting dan informasi lain tentang pelanggan dan jaringannya ke dalam handphone kita, untuk kemudian handphone kita bisa digunakan di jaringan operator tertentu. Jadi misalnya kita ingin menggunakan operator esia dari Bakrie Telecom, maka informasi tentang setting jaringan esia tersebut dimasukkan ke handphone kita. Jika handphone kita mendukung R-UIM (dapat dianalogikan dengan SIM di GSM network), maka informasi dan setting tentang operator esia tersebut sudah berada di dalam R-UIM dalam kartu perdana yang kita beli. Jadi, kita tinggal memasukkan potongan R-UIM ke dalam handphone, nyalakan handphon, dan boom… handphone kita sudah bisa terkoneksi ke operator esia (selama ada sinyalnya tentu saja). Nah, masalahnya tidak semua handphone CDMA itu mendukung R-UIM, biarpun akhir – akhir ini sudah mulai banyak yang mendukung. Untuk yang belum mendukung R-UIM, proses inject handphone mutlak harus dilakukan sebelum handphone kita bisa digunakan untuk menelepon dan SMS atau layanan lainnya.

Sebelum melangkah untuk inject handphone, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui, diantaranya :

1. ESN number :

ESN (electronics serial number) adalah informasi tentang identitas handphone kita. Dalam dunia GSM, umum disebut dengan IMEI (International Mobile Equipment Identity). Ini adalah sebuah nomor unik yang membedakan suatu handphone dengan handphone lainnya. Biasanya ESN tercantum dalam 2 macam penulisan, yaitu dengan Sistem Bilangan Decimal (ESN DEC) atau dengan Sistem Bilangan Hexadecimal (ESN HEX). Nah, yang akan kita pakai sewaktu inject biasanya adalah nomor ESN HEX

2. MIN

MIN (mobile identity number ??) merupakan identitas nomor telepon kita di database operator. Nomor MIN ini tidak selalu sama dengan nomor telepon kita. Jadi, misalnya nomor telepon saya (021)30212115, nomor MIN saya mungkin 2130212115, atau mungkin juga nomor yang lain

3. SID

SID (System ID) adalah identitas jaringan operator yang kita pakai. Misalnya untuk Flexi SID nya adalah 10496, Esia : 10623, Mobile-8 : 10530, dan StarOne :10817

4. NID

NID (Network ID) ini juga ada hubungannya dengan jaringan operator. Saya sendiri tidak tahu persis gunanya untuk apa, tetapi biasanya parameter ini selalu terkait dengan SID.

5. Channel

Channel ini mungkin bisa dianalogikan dengan saluran TV.Seperti stasiun TV, setiap provider juga mempunyai channel sendiri – sendiri

6. A-Key

Saya tidak tahu persis apa guna A-Key ini, tetapi yang saya tahu, tidak semua provider mendukung A-Key. Guna A-Key ini adalah semacam kunci / password untuk pengamanan tambahan selain ESN dan MIN

Mengapa harus inject sendiri ?

Sekarang ini sudah banyak teknisi / tukang reparasi handphone yang bisa melakukan inject, jadi mungkin pertanyaan yang muncul adalah, kenapa harus melakukan sendiri ?

Jawaban untuk pertanyaan tersebut bagi tiap orang mungkin berbeda – beda. Prosedur inject resmi adalah sebagai berikut :

1. Masukkan setting dan parameter ke dalam handphone (biasanya disebut dengan setting NAM)

2. Daftarkan ESN dan MIN ke pihak operator (supaya ESN kita dicatat dalam database mereka)

3. Operator akan memberikan A-Key (bila operator itu mendukung A-Key)

4. Masukkan lagi parameter A-Key ke handphone

Akan tetapi latar belakang saya melakukan inject sendiri adalah karena saya ingin menghindari langkah nomor 2. Alasan utamanya adalah karena saya malas harus datang ke galeri / gerai / support center tiap operator setiap kali ingin ganti nomor.Lagipula saya sering iseng mencoba membeli kartu perdana baru dan mengotak atik fitur yang ada dalam kartu perdana tersebut. Saya ingin agar nomor kartu perdana tersebut bisa di inject kedalam HP tanpa harus ke galeri / gerai operator.

Awalnya dasar pemikiran saya, seharusnya setiap R-UIM card, pastilah juga mempunyai identitas yang unik semacam ESN, karena kalau kita membeli kartu perdana, kita tidak perlu lagi registrasi ke galeri operator, tapi langsung terkoneksi ke jaringan mereka. Akhirnya saya berusaha mencari cara bagaimana untuk melihat setting dan parameter dalam R-UIM

Untuk Nokia 2115 (kebetulan itu handphone yang saya punya), ternyata menunya bisa diakses dengan menekan : *3001#12345#

Ternyata, setiap R-UIM mempunyai parameter bernama SIM ID. Selain itu dari menu tersebut bisa juga dilihat SID, NID, channel, country code, dan parameter lainnya yang digunakan untuk proses inject.

Nah, pesawat yang menjadi “korban” untuk percobaan inject saya adalah Wifone LG LSP -345.

Akhirnya saya coba mengganti ESN LG LSP-345 tersebut dengan SIM ID dari kartu R-UIM yang akan saya inject (untuk yang mempunyai pesawat sejenis, security code nya adalah 187288, tapi mungkin punya anda bisa berbeda). Saya coba inject-kan parameter kartu StarOne ke pesawat tersebut. Setelah setting parameter selesai, dan ESN telah diganti dengan SIM ID R-UIM card StarOne, Horee…. Akhirnya pesawat Wifone saya sudah berubah menjadi beroperasi di jaringan StarOne. Tetapi yang lebih aneh, ketika R-UIM card yang saya inject tersebut diaktifkan di HP Nokia 2115 dan dihubungi dari telepon lain, ternyata kedua – duanya aktif. Jadi rupanya sekarang nomor telepon saya ter-cloning, 1 di pesawat telepon LG, satu lagi di HP Nokia 2115, dan ketika ditelpon / sms, kedua duanya sama sama menerima hihihi..

Oiya, sekedar mengingatkan, mungkin sebetulnya mengganti ESN adalah perbuatan illegal, jadi sebaiknya Anda berhati hati :P

27 komentar:

Anonim mengatakan...

nah ini baru the real didi....ayo cak, maju terus...sharing knowledge buat kemajuan buanggsaa (halahh....)

-dhany-
di hotel sempur setelah diusir dr hotel salak (asu tenan hotel salak)

nb. ana salam soko dodi (yg menampungku stlh diusir dari salak)

Anonim mengatakan...

bos numpang tanya.. itu SIM ID yang dimasukin ke ESN bentuknya Hex apa Dec???... mohon rep ke akububu_master @yahoo.co.id

Anonim mengatakan...

satu2nya operaot cdma yg pake AKEY cuman flexi ...
gmn ya dapetinnya ??

Didi mengatakan...

>>>>bos numpang tanya.. itu SIM ID yang dimasukin ke ESN bentuknya Hex apa Dec???... mohon rep ke akububu_master @yahoo.co.id

yang dimasukkan sebagai ESN itu SIM ID dalam bentuk hex (jumlahnya 8 digit).. kalau bentuknya dec, jumlahnya 11 digit

Didi mengatakan...

>>> satu2nya operaot cdma yg pake AKEY cuman flexi ...
gmn ya dapetinnya ??

wah, buat dapet a-key.. tetep harus menghubungi operator bos... atau... jebol aja server mereka hahaha (but, i won't do it)
sepertinya esia juga ada a-key nya.. demikian juga untuk starone pasca bayar :)

Anonim mengatakan...

caranya merubah ESN gimana bro..? flash.? atau cuma setting aja..?

Didi mengatakan...

buat ngubah ESN, memang harus di flash bos.. gw lihat di website elo bahas flashing CDMA juga.. itu software bisa dipake, misalnya unipst,qpst dll
gw dulu dapet tutorialnya di forumponsel.com bos, kali aja disana detailnya msh ada

Anonim mengatakan...

mas didi
saya mau tanya saya punya wifone lsp350 gimana caranya supaya saya bisa ganti ke flesy/fren/one ?
kode rahasianya apa aja ? makasih

Didi mengatakan...

>>mas didi
>>saya mau tanya saya punya wifone >>lsp350 gimana caranya supaya saya >>bisa ganti ke flesy/fren/one ?
>>kode rahasianya apa aja ? makasih

kode rahasia ? rasanya tidak ada...
yang ada adalah parameter setting SID/NID serta channel dari masing-masing provider tersebut (ini bukan rahasia, dan sdh saya tulis jg) mungkin unlock code yah ? kalau itu sih di LSP-345 punya saya kodenya 187288.Kalo ga jalan, coba aja 000000.Cara ngelihatnya bisa pakai software bitpim, nanti kelihatan code nya hehehe..
maaf, terus terang saya agak lupa langkahnya, soalnya udah lama ga ngoprek oprek lagi :)

Anonim mengatakan...

Bos, aku punya blackberry 8830 World Edition.
aku udah berhasil ganti ESN (hex) ke SIM ID dari starone. PRL juga udah aku ganti ke 10817, Channel 201
tetapi kok tetap ngga mau ya?
mungkin bisa berbagi settingannya parameter Starone (PRL, Channel, a key, dll)
Thanks!

Didi mengatakan...

buat starone, setahuku channelnya itu 589 atau 630 lho.. untuk SID memang 10817.. kemudian untuk A-key nggak dipake, kecuali buat postpaid.. referensinya bisa dibaca disini nih.. http://starone-semarang.blogspot.com/2008/12/injek-starone.html

Ngeplang sentolo mengatakan...

kalau sudah ketemu securty kode enternya piye? kan gak ada utk enter

Ngeplang sentolo mengatakan...

boleh minta tolong aku dikirimi artikel lengkap lg lsp 345 detail inpute wae .nuwun

abuSyahidah mengatakan...

Kulo juga kang. Di jelaskan
step by stepnya untuk bisa inject lsp-345 milikku yang sudah koid nomornya.

maklum ndesoo

Anonim mengatakan...

Bang, sy pnya wifone LSP-350, Tiba2 kode kunci tombolnya aktp.saya minta kode standarnya, atau solusi lainya. makasih sblmnya

tokobungaalam mengatakan...

susah juge mas agan langkah2nye

Unknown mengatakan...

misi...numpang nanya...
SAMSUNG CDMA saja no nya inject juga...dan no.luar daerah saya..jadi saya per tiga hari nya harus melakukan aktifasi Combo.

pada suatu hari paket internetnya habis dan pulsanya habis..jadi gak bisa di apa2in lagi tuh..saya nya juga bingung..krn mau ngisi pulsa gak tau nomer nya...

bisa bantuu..gmn cara mengetahui nomer hapenya? makasiiihh yah.. :)

Anonim mengatakan...

Gan klo cdmanya ruim lock provider A. Trus mau diinject provider B. Apa harus diganti kartu B atau masih pakai kartu A? Soalnya ane buntu nih. Thx.

qhoha mengatakan...

bos kalau mau masuk ke menu setting nam lewat apa ya... / pakai kode apa..?? suwun

richard mantiri mengatakan...

masbro...lam knl, kebetulan saya punya wifone yg sama dan dah lama nganggur dan saya tertarik info anda yg kebetulan jg saya pengen coba inject provider yg lain. tolong diemail nohp diemail saya : mantiri.richard@gmail.com
Thanx

Daradonya mengatakan...

udah lama banget nih artikelnya.....rupanya teknologi oprek sudah lama ada.....

Unknown mengatakan...

Masbro saya mo tanya apa bisa hp saya cdma di suntik biar bisa masuk kartu gsm ya kira2 gmna bisa ngk ya soalny sayang hp saya yg samsung sch-b299 ngk ke pke

zeps anton mengatakan...

@cici rida, sama saya juga sch b299 gak bisa dipake, gimana caranya untuk jadi GSM?? mohon bantuannya, kalo boleh tutornya ke antonzeps@gmail.com

Unknown mengatakan...

Samsung lipet cdma di ubah gsm bisa gak

Unknown mengatakan...

mas sudah bisa pakai gsm samsung b299 nya ? kl sudah info mas . makasihh

Anonim mengatakan...

Maaf mohon petunjuk gimana cara mengaktifkan jaringan GSM hp Samsung sch b299?pliisss infonya

Unknown mengatakan...

Tolong review samsung sch b299..unlock cdma ke gsm