Sabtu, Januari 24, 2009

Windows Live Writer

Thank God, hari ini, akhirnya saya bisa istirahat di rumah, setelah weekend minggu lalu saya harus ke kantor karena membantu perbaikan data. Pagi tadi, sehabis bangun tidur, saya iseng online. Mumpung ini weekend, maka ada kesempatan untuk bangun siang hehehe..

Setelah mencoba iseng iseng melihat program yang terinstall di komputer saya, akhirnya nggak sengaja saya mengklik salah satu program bawaan Windows XP yang ada di Start Menu, yaitu MSN Installer. Saya sebelumnya sengaja tidak menggunakan MSN ini karena memang tidak punya account Hotmail, dan ketika online lebih sering menggunakan Yahoo! Messenger.

Dalam bayangan saya, program ini nantinya pasti hanya akan menginstall Windows Live messenger saja.. ternyata saya salah. Begitu saya mengklik MSN installer tadi, saya dibawa ke suatu halaman Windows Live. Disitu saya baru tahu, ternyata ada beberapa program tambahan lainnya yang bisa diinstall.

windows live setup

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Installer Windows Live

pilihan program windows live

Pilihan Program yang bisa diinstall

Setelah saya explore jenis program yang bisa diinstall, akhirnya saya memutuskan untuk menginstall Windows Live Writer saja. Selain Windows Live Writer, Anda juga bisa memilih Live Messenger, Mail, Photo Gallery, Toolbar, Family Safety, dll. Kalau semua diinstall, kalau tidak salah diperlukan download hampir 200 MB. Karena saya tahu diri kalau koneksi internet saya masih cupu, akhirnya saya pilih saja untuk menginstall Windows Live Writer, karena hanya diperlukan download sekitar 7 MB. Windows Live Writer ini berguna untuk membantu menulis blog, seperti Microsoft Word. Buat Anda yang sering menulis blog, mungkin program ini bisa membantu Anda, daripada langsung menulis di webpage nya langsung, dengan program ini, kita bisa menulis di komputer sendiri terlebih dahulu, baru setelah selesai di publish ke blog kita.

windows live writer

screenshot Windows Live Writer

Windows Live Writer ini mendukung beberapa blog service antara lain  :

  • Windows Live Spaces
  • SharePoint blog
  • Blogger
  • WordPress
  • TypePad

Bahkan kalau Anda belum punya account blog, Anda ditawarkan untuk mendaftar di Windows Live blog service.

Begitu program ini selesai diinstall, Anda akan ditawari untuk men-setting blog service yang Anda gunakan. Karena saya menggunakan Blogger, saya tinggal masukkan url blog saya, kemudian memasukkan username dan passwordnya. Setelah itu, program ini akan mendownload template blog yang kita pakai, dan  akhirnya ketika kita menulis blog dengan program ini, sudah terasa seperti langsung dipublish di blog kita masing - masing

Dari hasil coba – coba, program ini secara umum mudah untuk digunakan. Saya belum menemukan kesulitan yang berarti ketika mencoba program ini.

Oiya, ini posting pertama saya menggunakan Windows Live Writer hehehe

Tidak ada komentar: